16 Tips menurunkan berat badan TANPA DIET

Tips Cara menurunkan berat badan tanpa dietSepertinya terlihat mengada-ada, menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet. Melakukan diet ketan dan berlatih gym sering dianggap sebagai pilihan yang efektif untuk menurunkan berat badan. Tapi mengingat jadwal sibuk kita sehari-hari, diet dan berolahraga tidak semua orang mudah melakukannya. Kita seringkali akan meluangkan waktu untuk memperhatikan diet atau berolahraga selama berjam-jam di gym. Selain diet dan program olahraga dapat membantu dalam menurunkan beberapa kilogram dalam waktu singkat, tetapi penurunan berat badan ini hanya sementara. Dengan berhenti diet, kemungkinan berat badan yang sudah hilang akan kembali lagi.

Advertisement

Ini adalah sedikit kesalahpahaman bahwa penurunan berat badan hanya dapat dicapai melalui diet ketat atau berolahraga ketat. Jadi bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa diet?.  Mengikuti gaya hidup sehat adalah sama pentingnya untuk menjaga berat badan ideal. Dengan mencoba strategi berikut, Anda bisa menjadi langsing dengan cara yang sehat dan tidak smenyakitkan karena menderita kelaparan akibat diet yang monoton.

Berikut adalah bagaimana Anda biasa menurunkan berat badan tanpa diet:

1 . Dapatkan Tidur yang Tepat :

Tidur diyakini cara alami untuk melepaskan pikiran setelah kerja keras dan kelelahan. Pentingnya cukup tidur tidak bisa disepelekan, khususnya dalam hal untuk memicu penurunan berat badan. Saat Anda sedang tidur, tubuh Anda bekerja untuk mengatur sistem, dan menyembuhkan setiap kerusakan sel yang terjadi. Bahkan sistem pencernaan bekerja keras untuk mengolah makanan, memetabolisme karbohidrat dan memecah lemak. Kurang tidur mengakibatkan perubahan kadar hormon, terutama kortisol dan insulin. Kortisol mengatur gula, lemak, protein, mineral dan metabolisme air dan insulin, yang  bertanggung jawab atas peningkatan gula darah dan penyimpanan lemak. Kurang tidur dapat memicu produksi kortisol, sehingga akan mengarahkan ke peningkatan tingkat insulin yang membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit. Dengan demikian,  tidur malam yang baik dan cukup dapat membantu banyak untuk mengurangi berat badan.

2 . Kunyah makanan Anda dengan benar :

Studi telah membuktikan bahwa jika Anda lebih lama di mengunyah makanan, maka Anda akan cenderung untuk mengkonsumsi kalori lebih rendah. Selain itu, mengunyah dalam waktu yang lebih lama akan mencegah kelebihan makan, karena memberikan waktu bagi otak untuk menerima sinyal dari perut yang kenyang. Hal ini juga akan memfasilitasi pencernaan dengan lebih baik, dan membatasi ukuran porsi Anda. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengunyah makanan sekitar 35 sampai 50 kali per suap.

3 . Perhatikan Makanan Anda :

Kita sering mendengar orang tua kita menasihati kita agar tidak berbicara, membaca atau menonton TV sambil makan. Ketika Anda multitasking saat makan Anda, maka Anda akan cenderung untuk mengkonsumsi lebih banyak lagi makanan. Oleh karena itu, memperhatikan pada apa yang Anda makan sangat penting.

4 . Hindari makanan terlalu matang :

Makanan yang terlalu matang akan menyebabkan penurunan kadar nutrisi. Jika Anda kehilangan nutrisi, tentu Anda akan merasa tidak kenyang, dan mungkin menginginkan untuk makan junk food. Untuk mencegah hal ini,  Anda dapat meningkatkan konsumsi makanan mentah seperti salad dan sushi. Dianjurkan untuk makan makanan yang dikukus, atau dipanggang,  panggang sayuran dan panggang daging dan ikan.

Lihat juga :  Resep membuat Jus buah sayuran untuk kulit sehat, mulus, dan awet muda

5 . Makan lebih banyak buah dan Biji-bijian :

Buah-buahan dan sayuran rendah kalori  harus dikonsumsi lebih banyak dari makanan lain yang tinggi lemak dan kalori. Sayuran sebaiknya dikonsumsi lebih banyak daripada daging, karena mereka kaya akan vitamin, mineral, fitonutrien dan serat. Semua jenis biji-bijian seperti roti gandum utuh dan pasta, beras merah, popcorn harus menggantikan biji-bijian olahan seperti roti putih, kue, kue dan pretzel.  Biji-bijian, buah dan sayuran adalah makanan yang umumnya menyediakan serat tinggi, yang sangat dibutuhkan tubuh, serta akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6 . Jangan lewatkan sarapan :

Ada kesalahpahaman jika melewatkan sarapan adalah cara terbaik untuk memotong kalori dan menurunkan berat badan. Sarapan adalah jam makan yang paling penting, dan tidak boleh diabaikan. MENGISI BAHAN BAKAR tubuh Anda beberapa kali dalam sehari sangat penting. Ketika Anda melewatkan sarapan, Anda akan merasa sangat lapar pada saat makan siang,  dan akhirnya makan berlebihan dan memilih makanan yang tidak sehat. Menghilangkan sarapan juga dapat memperlambat metabolisme Anda. Oleh karena itu, selalu makan sarapan Anda dalam waktu satu jam setelah bangun tidur. Semangkuk sereal gandum utuh dan susu rendah lemak dapat memberikan gizi awal untuk hari Anda .

7 . Makan Sering , namun sedikit sedikit:

Sering makan akan mempercepat metabolisme, dan energi berada di tingkat yang lebih tinggi secara terus menerus sepanjang hari. Oleh karena itu, sangat ideal untuk makan lima sampai enam kali per hari dengan 2-3 jam istirahat antara waktu makan dan snack. Mengontrol porsinya adalah penting untuk mencegah kelebihan makan. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan mangkuk kecil, piring dan gelas. Mengurangi porsi sebesar 10 % sampai 20 % bisa menjadi kondusif untuk penurunan berat badan.

8 . Makan Buah sebelum daging:

Biasakan untuk makan buah setidaknya 30 menit sebelum Anda makan makanan yang berat, karena buah-buahan dapat dicerna dengan cepat. Makan buah-buahan saat perut kosong bermanfaat untuk  mendetoksifikasi sistem tubuh dan membuat Anda makan lebih sedikit .

9 . Selesai makan malam pada 20:00 :

Makan larut malam tidak boleh dipaksa, karena cenderung akan menumpuk berat badan ekstra. Bahkan, Anda harus makan-makanan terakhir sebelum pukul 20.00, untuk menghindari beralih ke camilan sebelum waktu makan malam. Teh herbal adalah pilihan yang baik untuk memuaskan rasa lapar Anda setelah waktu makan malam, setelah itu dilanjutkan dengan sikat gigi untuk mematikan pikiran ide makan.

Lihat juga :  Resiko/efek buruk mendengarkan musik dengan Headset

10 . Hati-hati  memilih Kalori dalam Cairan :

Minuman-minuman yang manis harus dihindari, karena sangat tinggi kalori. Puaskan dahaga Anda dengan air putih, susu skim atau susu rendah lemak atau porsi kecil jus buah 100 % atau jus sayuran rendah kalori. Batasi, atau kalau perlu hindari alk*hol. Minuman yang mengandung ini akan menghemat sejumlah besar kalori, sehingga jumlah kalori Anda akan bertambah dengan cepat .

11 . Minum Cukup Air :

Minum air yang cukup adalah kunci penting dari gaya hidup sehat. Minum air dingin akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda, karena tubuh akan bekerja lebih keras untuk menghangatkan cairan sehingga lebih banyak kalori yang dibakar. Selain itu, air akan membuat Anda merasa kenyang, sehingga Anda tidak berhasrat untuk ngemil. Air juga akan membuat sistem tubuh Anda terhidrasi, dan membantu hormon otot –  yang merilis pembangunan tubuh Anda .

12 . Mendapatkan Protein di setiap makanan :

Makanan yang mengandung protein tanpa atau rendah lemak harus menjadi bagian dari setiap makanan atau snack Anda. Hal ini karena protein memberikan perasaan kenyang dalam waktu yang lebih lama, sehingga mencegah kelebihan makan. Konsumsi Yoghurt rendah lemak , beberapa kacang-kacangan, selai kacang  telur, dan daging tanpa lemak yang dianjurkan.

13 . Minum Teh Hijau :

Selain air, teh hijau juga merupakan penguat metabolisme.  Penelitian telah menunjukkan bahwa minum teh hijau akan membakar 400 kalori ekstra dalam seminggu. Ia juga memiliki kekuatan antioksidan.

14 . Cobalah untuk meningkatkan langkah kaki Anda :

Berjalan dianggap sebagai latihan yang baik untuk menurunkan berat badan. 10000 langkah dalam sehari dianjurkan untuk hasil yang baik dari tujuan ini. Pedometer dapat digunakan untuk menghitung dan menambahkan langkah.

15 . Tertawa dan Berat Badan :

Tertawa dianggap sebagai obat terbaik untuk membakar kalori. Tertawa akan meningkatkan denyut jantung, sirkulasi darah dan pergerakan otot-otot perut, sehingga memberikan latihan cardio alami. Tertawa terbahak-bahak lima kali sehari akan memberikan manfaat yang sama seperti 10 menit pada mesin dayung. Sepuluh sampai lima belas menit tawa bisa membakar 50 kalori.

16 . Cara Bernafas :

Bernapas dengan cara yang tepat bisa membakar lebih banyak kalori. Sayangnya, kebanyakan dari kita tidak melakukan hal ini. Pernapasan diafragma adalah cara yang benar, hirup melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut . Pernapasan diafragma penuh kan membakar lebih banyak kalori. Hal ini akan secara aktif menggunakan otot-otot , dan mengalirkan lebih banyak oksigen ke darah dan otot, sehingga memungkinkan kita untuk bekerja lebih keras dan lebih lama.

Dengan demikian bahwa diet bukanlah satu-satunya pilihan untuk menurunkan berat badan. Juga bukan tentang apa yang Anda makan, tapi bagaimana cara Anda makan. Anda dapat makan segala sesuatu di moderasi, untuk mempertahankan berat badan ideal.

Advertisement

One thought on “16 Tips menurunkan berat badan TANPA DIET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *