10 Manfaat Tidur Cukup setiap malam bagi Kesehatan

10 Manfaat Tidur Cukup setiap malamTidur adalah aktifitas alamiah dari kehidupan kita, disamping makan dan mendapatkan rileks atau istirahat. Tidur akan membuat Anda merasa lebih baik, tak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati, atau mencegah lingkaran hitam dibawah mata. Orang dewasa sehat membutuhkan waktu tidur ideal antara 7- 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan fikiran beristirahat. Sementara itu hormon-hormon tertentu bisa bekerja hanya ketika kita tidur pulas dimalam hari, termasuk hormon pertumbuhan atau HGH. Karena begitu pentingya tidur bagi tubuh kita, maka kita perlu memastikan tidur kita sudah cukup setiap malam agar bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Advertisement

Berikut adalah beberapa manfaat tidur malam yang baik bagi kesehatan dan kesehatan :

Meningkatkan memori

Tahukah anda jika pikiran anda sangat sibuk jika sedang terjaga?. Selama tidur kita akan memperkuat ingatan, dan mempraktekkan ketrampilan yang dipelajari saat terjaga(ini adalah proses yang disebut dengan konsolidasi). Jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, baik itu fisik atau mental, maka selanjutnya Anda akan mempraktekkannya. Tetapi sesuatu terjadi saat Anda tidur, yaitu sesuatu yang membuat belajar Anda menjadi lebih baik.

Dengan kata lain,  jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, maka hasilnya akan kelihatan lebih baik setelah Anda tidur.

Kesempatan hidup lebih lama?

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan umur yang lebih pendek, meskipun belum jelas apa penyebab dan efeknya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita usia 50 hingga 79 pada tahun 2010, kematian lebih banyak terjadi pada wanita yang tidur kurang dari lima jam atau lebih sedikit setiap malam.

Tidur mempengaruhi kualitas hidup.

Banyak orang yang menganggap sepele dengan waktu tidur. Namun faktanya, jika Anda memiliki tidur yang lebih baik, maka Anda pasti bisa hidup lebih baik.

Mencegah peradangan

Peradangan adalah kondisi yang sangat terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur, enam jam tidur atau kurang setiap malam,  memiliki tingkat protein inflamasi dalam darah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka memiliki waktu tidur lebih banyak. Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang-orang yang memiliki waktu tidur malam enam jam atau lebih sedikit. Orang dengan masalah sleep apnea atau insomnia bisa mengalami peningkatan tekanan darah dan peradangan dengan penggunaan obat-obatan gangguan tidur.

Lihat juga :  Ini Makanan yang Menyehatkan Pembuluh Darah

Memacu kreatifitas

Dapatkan tidur malam yang baik sebelum Anda keluar rumah untuk bekerja. Selain mengkonsolidasi dan memperkuat memori, otak juga akan menata dan merestrukturisasi memori, sehingga memberikan kita lebih banyak kreatifitas. Para peneliti di Harvard University dan Boston College menemukan bahwa selama tidur sepertinya memperkuat komponen emosional memori, yang bisa membantu memacu proses kreatif.

Menjadi Juara olahraga

Jika Anda seorang atlet, tidur mungkin adalah satu cara sederhana untuk meningkatkan kinerja Anda. Sebuah studi yang dilakukan Stanford University menemukan bahwa : Pemain sepak bola disebuah perguruan tinggi yang mencoba tidur setidaknya 10 jam setiap malam selama tujuh sampai delapan minggu,rata-rata meningkatkan waktu sprint, tidak terlalu merasa lelah disiang hari, dan lebih banyak memiliki stamina. Hasil penelitian ini mencerminkan temuan sebelumnya, yaitu terlihat pada pemain tenis dan atlit berenang.

Meningkatkan nilai akademis

Anak-anak yang berusia antara usia 10 dan 16 yang memiliki gangguan pernapasan tidur, diantaranya mendengkur, sleep apnea, dan jenis-jenis gangguan pernapasan saat tidur, lebih cenderung memiliki masalah dengan perhatian dan pembelajaran – menurut sebuah studi tahun 2010 pada Journal Sleep. Hal ini bisa mengakibatkan  “gangguan fungsional yang signifikan di sekolah,” menurut para penulis penelitian.

Dalam studi lain, mahasiswa yang tidak mendapatkan cukup waktu tidur memiliki nilai yang lebih buruk daripada mereka yang cukup tidur.

Bagi yang mencoba untuk memenuhi target waktu, biasanya akan mengorbankan tidur. Akan tetapi kurang tidur yang parah jelas mengganggu belajar.

Mencegah hiperaktif pada anak-anak

Kurangnya tidur dapat menyebabkan gejala ADHD pada anak-anak. Anak-anak tidak bereaksi sama seperti pada orang dewasa jika kurang tidur. Jika orang dewasa mengantuk, maka anak-anak cenderung menjadi hiperaktif jika kurang tidur

Sebuah studi 2009 di jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak berusia tujuh dan delapan tahun yang mendapatkan kurang dari delapan jam tidur malam, lebih cenderung menjadi hiperaktif, lalai, dan impulsif. Para peneliti mendiagnosa dan mengukur waktu tidur dengan mengukur perubahan listrik di otak. Jadi tidak mengherankan jika tidur mempengaruhi otak.

Memiliki berat badan yang sehat

Jika Anda berpikir tentang diet menurunkan berat badan, Anda mungkin juga perlu untuk merencanakan waktu tidur lebih awal.

Lihat juga :  10 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Para peneliti di University of Chicago menemukan bahwa orang yang diet dengan waktu istirahat yang baik,  lebih banyak mengalami kehilangan lemak hingga 56% dari berat badan. Sebaliknya dengan mereka yang kurang tidur, yang justru kehilangan lebih banyak massa otot. Masih dalam penelitian ini juga, orang yang mendapat sedikit tidur merasa lebih lapar. Tidur dan metabolisme tubuh dikendalikan oleh sektor yang sama dari otak, sehingga ketika Anda mengantuk, hormon tertentu dalam tubuh akan naik dalam darah dan mendorong nafsu makan.

Lebih rendah stres

Dalam urusan kesehatan, stres dan tidur merupakan 2 hal yang hampir menyatu, dan keduanya bisa mempengaruhi kesehatan jantung.

Tidur pasti bisa mengurangi tingkat stres, dan dengan demikian orang lebih bisa mengontrol tekanan darah mereka menjadi lebih baik. Dipercaya juga bahwa tidur memiliki efek dengan tingkat kolesterol, yang berperan penting untuk penyakit jantung.,

Menghindari kecelakaan

The National Highway Traffic Safety Administration melaporkan pada hasil penelitian tahun 2009, bahwa kurang tidur menyumbang jumlah tertinggi kecelakaan mobil tunggal fatal faktor human error, bahkan lebih tinggi dari akibat pengaruh alko*ol. Mengantuk seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang, walaupun akibatnya bisa sangat besar dimasyarakat. Kurang tidur bisa mempengaruhi waktu reaksi dan pengambilan keputusan.

Kurang tidur walaupun hanya satu malam bisa merusak kemampuan mengemudi Anda seperti halnya minuman beralk*hol.

Menjauhkan dari depresi

Tidur nyenyak tidak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati dan meredam marah, tetapi juga sangat berarti bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Kurang tidur dapat menyebabkan depresi. Tidur malam yang berkualitas benar-benar bisa membantu orang yang depresi dan mengurangi kecemasannya. Anda akan mendapatkan lebih banyak stabilitas emosional jika mendapatkan tidur yang baik.

Tidur yang baik harus didapatkan setiap hari. Tidak bisa, jika waktu kurang tidur sebelumnya dikumpulkan dan digabungkan menjadi satu dengan tidur seharian pada hari minggu. Semuanya butuh keseimbangan.

Karena begitu pentingnya manfaat tidur bagi kesejahteraan hidup secara keseluruhan, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa memicu kesulitan tidur . Hindari kafeion sesaat menjelang tidur, dan pastikan tempat tidur Anda gelap dan nyaman, atau hindari film menakutkan sebelum tidur.

Advertisement

One thought on “10 Manfaat Tidur Cukup setiap malam bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *